Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bendungan Terbesar di Dunia

Bendungan Terbesar di Dunia - Mungkin disekitar tempat tinggal pembaca ada bendungan/waduk yang biasa ramai dikunjungi orang. Atau tidak ada tapi pembaca pernah mengunjungi bendungan/waduk yang ada di dalam negeri atau bahkan luar negeri. Pertanyaannya: apa sih sebenarnya bendungan itu dan adakah bendungan terbesar di dunia?

Pengertian Bendungan
Kementrian Pekerjaan Umum Indonesia mendefinisikan bendungan sebagai "bangunan yang berupa tanah, batu, beton, atau pasangan batu yang dibangun selain untuk menahan dan menampung air, dapat juga dibangun untuk menampung limbah tambang atau lumpur.

Menurut id.wikipedia.org, bendungan atau dam adalah konstruksi yang dibangun untuk menahan laju air menjadi waduk, danau, atau tempat rekreasi. Seringkali bendungan juga digunakan untuk mengalirkan air ke sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Air. Kebanyakan dam juga memiliki bagian yang disebut pintu air untuk membuang air yang tidak diinginkan secara bertahap atau berkelanjutan.
Bendungan (dam) dan bendung (weir) sebenarnya merupakan struktur yang berbeda. Bendung (weir) adalah struktur bendungan berkepala rendah (lowhead dam), yang berfungsi untuk menaikkan muka air, biasanya terdapat di sungai. Air sungai yang permukaannya dinaikkan akan melimpas melalui puncak / mercu bendung (overflow). Dapat digunakan sebagai pengukur kecepatan aliran air di saluran / sungai dan bisa juga sebagai penggerak pengilingan tradisional di negara-negara Eropa. Di negara dengan sungai yang cukup besar dan deras alirannya, serangkaian bendung dapat dioperasikan membentuk suatu sistem transportasi air. Di Indonesia, bendung dapat digunakan untuk irigasi bila misalnya muka air sungai lebih rendah dari muka tanah yang akan diairi.

Bendungan/Waduk di Indonesia 
Indonesia memiliki banyak sekali bendungan. Dari ujung barat NKRI sampai ujung timurnya, hasil pencarian online, kami menemukan kurang lebih ada sekitar 496 bendungan/waduk di Indonesia. Bendungan-bendungan tersebut kebanyakan terletak di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Nusa Tenggara Barat. 
Di Jawa Barat diantaranya ada Bendungan Agung, Ambit, Cariang, Cibacang, Cileungsi, Cipancuh, dan Jatiluhur. Di Jawa Tengah diantaranya adalah Kedung Ombo, Wadas Lintang, Tirtomarto, Suru, Sidorejo, Songputri, Ngancar, dan Waduk Sempor. Sedang di Jawa Timur diantaranya ada Notopuro, Laor, Leran Dua, Karang Kates, Gondang, Gayam, Segaran, dan lain-lainnya.

Bendungan-bendungan di Luar Negeri 
Diantara contoh-contoh bendungan di luar negeri yaitu:
·    Bendungan Tiga Jurang, Cina
·    Bendungan Itaipu, Brasil/Paraguay
·    Bendungan Aswan, Mesir
·    Bendungan Benmore, Selandia Baru
·    Bendungan Glen Canyon, Amerika Serikat
·    Bendungan Grand Coulee, Amerika Serikat
·    Bendungan Hoover, Amerika Serikat
·    Bendungan Hume, Australia
·    Danau Pedder - Danau Gordon, Australia
·    Bendungan Kariba, Zambia/Zimbabwe
·    Bendungan Vishvesvaraya, India
·    Bendungan Mactaquac, Kanada
·    Bendungan Inga, Republik Demokratik Kongo



Bendungan Terbesar di Dunia 
Berikut ini adalah daftar sepuluh bendungan/waduk besar yang ada di dunia.
10. Raul Leoni, Venezuela
Waduk ini memiliki Luas: 4250 KM Persegi. Terbentuk oleh Bendungan Guri di Sungai Caroni. Waduk ini telah menyapu habis dan menggenangi hutan di daerah sekitarnya.
9. Caniapiscau, Kanada
Caniapiscau merupakan bendungan terbesar kedua di Kanada . Memiliki Luas: 4318 KM Persegi. Lokasinya tepat di dekat bagian atas Sungai Caniapiscau. Waduk ini mempunyai 2 bendungan dan 43 tanggul.
8. Rybinsk, Rusia
Waduk tersebut dibangun di Rusia tahun 1935 dan diisi air tahun 1947. Pada saat pembangunan, itu adalah danau buatan manusia terbesar di dunia. Sekarang nomor 8. Lokasi terletak pada titik paling utara dari Sungai Volga. Memiliki Luas: 4580 KM Persegi.
7. Nasser/Nubia, Mesir dan Sudan
Bendungan/waduk ini terletak di dua negara, Mesir dan Sudan. Konstruksi bangunan ini dibangun antara 1958 – 1971. Untuk nama bendungannya mengacu pada bagian yang lebih besar yang terletak di Mesir. Nama Nasser datang dari pemimpin otoriter yang memerintah Mesir sampai tahun 1970. Bendungan/waduk ini memiliki Luas: 5248 KM Persegi.
6. Bratskoye, Rusia
Waduk ini memiliki Luas: 5470 KM Persegi. Dibangun antara 1961 dan 1967. Lokasi waduk ini terletak di dekat bagian atas dari Sungai Angara, dengan Kota Bratsk.
5. Bukhtarma, Kazakhstan
Dibentuk oleh bendungan Pembangkit Listrik Tenaga Bukhtarma PLTA dan mulai diisi pada tahun 1960. Memiliki luas Luas: 5490 KM Persegi.
4. Kariba, Zimbabwe dan Zambia
Terletak tepat di perbatasan antara Zambia dan Zimbabwe. Memiliki Luas: 5580 KM Persegi. Waduk Ini mempunyai 88 tanggul yang lebih kecil dengan panjang 64 km.

3. Kujbyshevskoe, Rusia
Terletak di Sungai Volga dengan panjang lebih dari 400 km. Perkembangan industri di wilayah tersebut menjadikan keadaan Air tidak saniter. Memiliki Luas: 6450 KM Persegi.
2. Smallwood, Kanada
Terletak di barat Labrador. Waduk ini tidak hanya terbesar kedua di dunia, tetapi juga merupakan sumber air terbesar di provinsi ini dan merupakan Sumber dari Sungai Churchill. Bendungan/waduk ini memiliki Luas: 6527 KM Persegi.
1. Volta, Ghana
Nah inilah dia danau/waduk terbesar di dunia dalam hal luas permukaannya. Memiliki Luas: 8502 KM Persegi. Tapi merupakan danau terbesar keempat di dunia dalam hal volume.  Danau ini ditemukan oleh ahli geologi Albert Ernest Kitson pada tahun 1915. Danau ini dibentuk oleh Dam Akosombo.
Demikian postingan kami tentang Bendungan Terbesar di Dunia. Jika Anda menemukan kekeliruan/kesalahan informasi, atau Anda menemukan bendungan/waduk yang lebih besar dari Bendungan/waduk yang ada di atas, silahkan infokan kepada kami lewat komentar langsung atau lewat kontak yang ada untuk kami update postingan ini. Terimaksih.

1 comment for "Bendungan Terbesar di Dunia"